Cara Menyesuaikan Nada Musik Karaoke

Cara Menyesuaikan Nada Musik Karaoke

Kebanyakan manusia menyukai musik. Beberapa bahkan menjadikan musik dan menyanyi sebagai hobi mereka. Banyak orang yang suka menyanyi terlepas apakah mereka benar-benar ingin menjadi penyanyi yang profesional ataupun hanya melepas jenuh sejenak. Nah, pada saat bernyanyi diiringi musik tentunya kita harus tahu dong nada dasar lagu yang kita nyanyikan. Apakah kita akan menyanyikan lagu tersebut dengan original key (kunci asli) dari penyanyi aslinya ataukah ingin diturunkan satu atau dua nada. Hal menurunkan dan menaikkan nada ini biasa disebut dengan Transpose. Nah, saya ingin sharing beberapa kebiasaan saya untuk berkaraoke ria tanpa harus bermahal-mahal ke tempat karaoke. Pengen tahu tipsnya? Berikut dibawah saya kupas abiss

1. Pertama pastinya kamu harus memiliki komputer PC/Laptop serta speaker. Ada? Oke lanjut

2. Selanjutnya, download midi lagu yang ingin kamu jadikan karaoke. Apa itu midi? Midi adalah bentuk musik yang sudah di susun ulang oleh beberapa arranger (sama halnya composer) yang ukuran filenya sangat kecil biasanya rentang 10-90 kb. Nah, dimana kamu bisa mendapatkan midi tersebut? Gampang kok, kamu cukup ketik di Google “ Judul lagu + Midi “ contohnya adalah kamu ingin mendownload Midi lagu Baik-Baik sayang maka kamu ketik di Google “Baik-Baik Sayang Midi” dan Google akan menampilkan beberapa blog yang memiliki file tersebut. Beberapa blog terkadang memberikan midi secara gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk lagu barat biasanya lebih banyak yang gratis daripada lagu POP Indonesia. Oke masih ada pertanyaan? Lanjut!

3. Setelah Midi di download, sekarang kamu d ownload aplikasi Vanbasco. Ketik di Google “vanbasco” maka kamu akan menemui tulisan download. Langsung di download saja. Ukuran filenya sekitar 800kb. Mudah kan? atau ke link ini Vanbasco

4. Install terlebih dahulu Vanbasco. Download disini

5. Sebelum masuk ke point enam, saya ingin kenalkan dulu aplikasi vanbasco ini. Pada Gambar dibawah ini saya sedang memutar midi lagu Rolling In Deep (Adele). Pada gambar pertama terdapat gambar dari layar utama aplikasi Vanbasco ini. Ada beberapa menu disana silahkan klik untuk lebih mengetahui. Pada gambar kedua itu disebut dengan output. Nah, pada output inilah kamu bisa mengatur instrument-instrument yang ada pada musik midi tersebut. Saya nonaktifkan instrument flute karena bunyinya mengikuti suara vocal. Bisa dilihat pada gambar dibawah bahwa instrument flute ada warna merah menyala sebelah kirinya. Dan bagian paling vitalnya ada di bagian control. Disana terdapat menu Tempo, Key, dan Volume. Nah, pada menu inilah inti dari artikel ini. Kamu bisa menyesuaikan nada suaramu dengan menurun atau menaikkan menu key tersebut. Apabila telah sesuai tinggal play pada key yang dikehendaki.

Cara Menyesuaikan Nada Musik Karaoke


6. Oke, tadi kamu punya midi Baik-Baik Sayang. Sekarang Klik kanan pada Midi Baik-Baik Sayang dan pilih Open With Vanbasco.

7. Sudah? Putar midinya, apakah ada liriknya? Jika tidak juga tidak apa-apa.

8. Sesuaikanlah nadanya dengan suaramu. Apabila ada output instrument yang kurang enak di dengar maka matikan saja. Demikianlah Cara Menyesuaikan Nada Musik Karaoke. Kamu juga bisa menjadikan midi tersebut menjadi sebuah Minus One. Kamu hanya perlu mendownload software yang bernama Direct Midi To MP3. Bagi saya software itu adalah software converter terkeren yang pernah ada. Anda bisa mendownloadnya disni

Saya sering menggunakan kedua aplikasi ini karena maklum saya penggila karaoke. Pertama saya sesuaikan nada suara saya di Vanbasco. Setelah tahu nadanya berapa yang harus diturunkan atau dinaikkan maka saya putar midi tersebut di Direct Midi to MP3 dan saya jadikan Minus One sehingga nanti lebih mudah untuk digunakan. Oya, Minus One itu bentuk filenya MP3, ukuran filenya tergantung pada seberapa panjang lagu tersebut. Misalnya lagu tersebut panjangnya tiga menit biasanya ukurannya ada yang 3.2MB atau 3.1MB. So, mudah kan untuk membuat karaoke di rumah? Hemat dan lebih mudah.

Mudahnya adalah karena sebagian tempat karaoke tidak menyediakan menu transpose nada (menyesuaikan nada) maka mati-matianlah nyanyiin lagu sesuai dengan nada penyanyi aslinya. Contoh nih, kamu pengen nyanyi lagu Judika – Mama Papa Larang dan tipe suara kamu bass. Maka selamat bermati-matian mekik-mekik di ruang karaoke tersebut. Rugi kan? Lebih baik buat home karaoke dengan cara diatas. Simple dan Hemat. Share pendapat kamu mengenai artikel ini ya.

Pages